Skip to main content

follow us

5 Penyebab Umum Mengapa Kamu Selalu Telat Menstruasi

Infowanita - Meski memang disebut tamu bulanan, tapi menstruasi tidak selalu tepat datang saat sebulan. Beberapa wanita justru ada yang mengalami telat menstruasi hingga sebulan lebih, dua bulan sekali dan lain sebagainya.

Tidak semua wanita mengalami haid teratur tepat satu bulan sekali dan ini disebabkan oleh banyak hal. Lima penyebab utama dan yang paling umum adalah berikut ini.

1. Tubuh kamu belum menyelesaikan siklusnya
Terkadang memang sering terjadi telat sehari, dua atau tiga hari dari bulan lalu. Hal ini wajar, ketika haid tidak datang seperti yang diprediksikan dan meleset sedikit, mungkin ini karena tubuhmu memang belum menyelesaikan siklusnya. Jadi tidak usah khawatir.

2. Kondisi tubuh stress
Kondisi pikiran atau mental yang stres juga jadi penyebab umum telatnya menstruasi. Ketika kamu merasa tertekan, marah kesal atau memendam perasaan sedih, tubuh kamu akan menahan sel telur yang akan dilepaskan dari ovarium dan menunggu hingga emosimu stabil atau kamu siap secara emosional. Dan menstruasi bisa berminggu-minggu atau sebulan lebih.

3. Kamu sedang sakit atau terluka
Jika kamu merasa tak enak badan, maka tubuh kamu secara otomatis akan menganggap kamu tak siap untuk hamil. Tubuh kamu akan ber-ovulasi (melepas sel telur) ketika merasa kamu sudah sehat lagi. Dan hal ini bisa menunda menstruasi hingga lama, hingga tubuh kamu menganggap kamu sehat dan siap hamil.

4. Kamu tidak cukup makan atau kamu olahraga berlebihan
Nutrisi dibutuhkan untuk membuat tubuh sehat dan menyiapkan calon bayi. Jika tubuh kamu terlalu kurus, sulit pula tubuh melakukan pelepasan sel telur karena tubuh merasa kurang sehat. begitu pula jika kamu terlalu banyak olahraga, menstruasi bisa tertunda karena aktivitas fisik yang berlebihan.

5. Kamu sedang minum obat tertentu
Pengaruh obat-obatan tertentu juga bisa mengganggu siklus menstruasi. Jika kamu sedang menjalani perawatan atau pengobatan, obat yang kamu minum bisa jadi penyebab berhentinya menstruasi. Coba konsultasikan pada dokter.

Mengejutkan bukan? tubuh kamu sangat cerdas menentukan apakah kamu siap untuk hamil atau tidak dan mengatur siklus menstruasimu dengan caranya sendiri. Jadi jangan buru-buru khawatir dulu jika menstruasi kamu telat. Mungkin kamu sedang mengalami salah saat dari lima hal di atas. Tapi jika telat datang bulan terjadi tiap bulan dan ada gejala yang tidak biasa, sebaiknya kamu periksakan ke dokter ya :)

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar