Skip to main content

follow us

Jurnalwanita.com - Melatih kesabaran pada anak terbukti bukan perkara mudah. Kami sebagai orang tua wajib lebih dahulu tahu tutorial mengelola emosi serta sabar sebelum mengajari anak pemahaman soal sabar. Sebab perlu proses yang lumayan lama untuk membikin anak dapat bersabar serta mengelola emosinya dengan baik.
Zaman kini biasanya orang tua langsung memberbagi gadget alias device pada anak untuk membikinnya diam alias tenang. Walau tutorial ini terkesan sukses tapi bahayanya anak dapat kecanduan bahkan ketergantungan dengan gadget. Daripada memakai gadget, ada cara-cara yang lebih manjur untuk melatih kesabaran anak, semacam cara-cara yang berikut ini.
  • Visualisasikan Waktu
Cara Paling Efektif Melatih Kesabaran Anak
Cara Paling Efektif Melatih Kesabaran Anak/ Copyright brightside.me

Dilansir dari brightside.me, anak-anak mulai mempunyai performa berpikir abstrak kurang lebih usia 9 tahun. Sebelum usia tersebut, mereka berpikir dengan tutorial yang lebih konkret, inilah kenapa mereka tetap kesusahan membedakan durasi waktu semacam apa bedanya 15 menit serta 45 menit. Untuk menolong pemahaman mereka soal waktu, kami butuh menolongnya memvisualisasikannya, Ambil contoh soal menantikan ayah pulang. Ayah bakal pulang pukul 18.00. Kalau kami langsung bilang pukul 18.00, anak-anak mungkin susah untuk memahaminya. Jadi, coba ganti dengan memberinya penjelasan semacam, "Ayah bakal pulang saat matahari telah terbenam," atau, "Kalau langitnya telah mulai gelap, ayah bakal pulang sebentar lagi." Sehingga ia lebih gampang memahami berapa lama lagi waktu yang diperlukan untuk menantikan si ayah pulang.

Cara Paling Efektif Melatih Kesabaran Anak
  • Beri Waktu Anak untuk Bermain Sendirian
Salah satu kegunaaan mengizinkan anak bermain sendirian merupakan untuk membebaskan daya imajinasi serta kreativitasnya. Coba arahkan anak untuk menikmati waktu bermain sendiri. Tapi jangan memberinya tablet alias device yang ada game di dalamnya.


Coba opsi game yang lebih mengasah daya kreativitas, semacam jigsaw puzzle, bermain boneka, merangkai lego, serta bermain rumah-rumahan. Anak bakal terlatih untuk memahami emosinya serta belajar untuk meperbuat segala sesuatu dengan lebih mandiri.
  • Menunggu Sambil Membikin Sesuatu
Cara Paling Efektif Melatih Kesabaran Anak
Sibukkan anak dengan beberapa aktivitas
Anak-anak telah tidak sabar untuk liburan alias menghabiskan hari raya di luar kota umpama. Menghitung hari demi hari bakal terasa sangat panjang. Di sini, kami dapat bantu anak untuk menyibukkan diri dengan membikin sesuatu. 

Menyibukkan diri dapat sehingga tutorial manjur untuk mengelola emosi serta belajar sabar. Apalagi anak-anak biasanya gampang merasa cepat bosan, sehingga sebagai orang tua kami butuh menolongnya untuk berkreasi serta menyalurkan daya imajinasi serta kreativitasnya.

Sebetulnya ada tidak sedikit tutorial yang dapat kami perbuat untuk melatih kesabaran pada anak.Bisa  juga disesuaikan dengan kepribadian serta karakter anak. Kalau moms sendiri punya trik serta trik lain nggak untuk mengajari anak dapat lebih sabar dalam kesehariannya?

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar