Skip to main content

follow us

jurnalwanita.com - Kita semua tahu bahwa air mineral mempunyai kegunaaan besar bagi tubuh kita. Mesikipun demikian, tetap saja kami rutin lalai untuk meminum air mineral dengan cara rutin.
Kadar Minum Air Mineral Untuk Anak Sesuai Usianya .. Ini Jawaban Ahli
sumber : google.com
Untuk itu sebaiknyaNorma  yang baik semacam minum air mineral butuh diterapkan sejak usia dini moms, supaya anak bisa tumbuh dan beraktifitas dengan baik. Dan terbiasa mengonsumsi air mineral sampai dewasa.

Sebab data riset di 13 negara yang dipublikasikan di European Journal of Nutrition, begitu memperhatikan, 1 dari 4 anak di Indonesia tetap tak lebih minum, di mana 30% yang dikonsumsi bukan air mineral. Padahal anak pra-sekolah (usia 4 – 6 tahun) membutuhkan 1,2 liter air mineral per hari (setara dengan 5 – 6 gelas), sedangkan anak usia 7 – 9 tahun membutuhkan kurang lebih 1,5 liter air mineral (6 – 7 gelas setiap hari).

Anak lebih rentan mengalami dehidrasi dibanding orang dewasa sebab mereka mempunyai sensibilitas rasa haus yang lebih rendah dan tak bisa mengekspresikan rasa haus dengan baik. Dan tak sedikit anak-anak mengonsumsi gula melalui batas sampai 15 persen. Padahal mengonsumsi gula tak boleh lebih dari 10 persen dalam minuman. Oleh sebabnya, penting bagi orangtua menanamkanNorma  minum air mineral sedini mungkin.

 "Anak yang aktif berkegiatan butuh dibiasakan minum 2 – 3 gelas air mineral (400 – 600 ml) di luar rumah untuk mengurangi kemungkinan dehidrasi dan menstabilkan suhu tubuhnya.Residu nya bisa dipenuhi ketika anak ada di dalam rumah di bawah penglihatan orang tua. Wajib minum enam gelas, kalo aktivitas biasa, kalo lebih aktif minum air lebih tak sedikit.” jelas dr. Budi Wiweko, Ketua Indonesian Hydration Working Group (IHWG), saat ditemui dalam agenda sosialisasi program Aqua ‘Aku Mau Air, Aku Sehat’.

Ketidak lebihan air bisa menyebabkan gangguan kesehatan jangka panjang maupun jangka pendek. Gangguan tersebut antara lain infeksi saluran kemih dan batu ginjal. Supaya terhindar dari resiko gangguan kesehatan ini, moms butuh membiasakan anaknya untuk minum air mineral dengan cara mandiri, baik di dalam maupun di luar rumah.

Kebiasaan ini bisa dibuat dengan memberbagi arahan dan jejak ingatan positif kepadaNorma  minum air mineral sebelum, selagi dan setelah beraktifitas fisik. Gangguan ginjal akut, alias konstipasi, dengan cara jangka singkat bisa mengganggu kognisi, atensi, alias memori.

"Mineral yang terkandung dalam air mempunyai tak sedikit kegunaaan bagi tubuh manusia. Umpama, zinc berkegunaaan untuk menolong respon imun dan kegunaaan otak manusia, untuk kalium bisa menolong sistem saraf dan otot tubuh, magnesium dan kalium untuk menjaga jantung dan pembuluh darah, dan beberapa kegunaaan baik lainnya, “ tambah dr. Budi.

Sebetulnya tubuh manusia sendiri bakal dengan cara normal memberbagi syarat apabila kami sedang sedang mengalami dehidrasi. Semacam frekuensi urin menjadi jarang dan haus. Nah, moms kalian juga bisa mengamati apabila si kecil tak lumayan air mineral dalam tubuhnya dengan menonton ciri-ciri semacam tak jarang mengeluh haus, bibir kering, ikuti anak apabila ia ingin buang air kecil dan lihat warna urinnya, apabila jernih sedikit kuning itu menandakan cairan tubuh cukup. Tetapi apabila kuning tua patut diwaspadai.

Nah moms mulai sekarang jangan sepelekan minum air mineral bagi sikecil ya. Ajaklah mereka rajin minum air mineral.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar