Skip to main content

follow us

jurnalwanita-Anda baru saja melahirkan? Selamat. Itu artinya kamu baru saja dikaruniai suatu  nikmat yang agung dari Allah Swt. Telah semestinya kamu bersyukur. Tak hanya dengan ucapan, namun dengan perbuatan nyata, salah satunya merupakan menjaga, memelihara, mengasuh, mendidik, memberi nama si buah hati yang paling baik.

Pantangan Ibu Pasca Melahirkan


Hari ini jurnal wanita tak bakal membahas soal keharusan orang tua terhadap anaknya, melaikan bakal menjelaskan lebih dalam soal pantangan pasca melahirkan.

Ibu pasca melahirkan terbukti wajib ketat dalam menjalani kehidupan, artinya tak boleh sembarangan. Ada aturan, yang didalamnya ada pantangan. Kenapa? Sebab pasca melahirkan seorang ibu mengalami perubahan fisik serta emosi, jadi butuh waktu untuk sampai pada bagian normal. Apabila dihadapi dengan serambangan,  perubahan tersebut mengangkat efek kurang baik.

Mari kita bahas berikut ini:

1. Melahirkan secara normal

Ketika hendak melahirkan, otot-otot tubuh mengalami kontraksi yang hebat, jadi mengalami ketegangan. Dampaknya otot-otot tubuh menjadi mengendur pasca persalinan. Faktor ini menyebabkan kamu merasa sangat lelah, serta tubuh pegal-pegal semacam baru saja membawa beban yang berat.Bisa  jadi kamu susah tidur.

Pantangan:
- Jangan dulu membawa barang-barang yang berat seusai melahirkan. Mulailah dulu dengan barang-barang yang ringan.
- Jangan meperbuat gerakan-gerakan cepat. Pelan-pelan saja.

2. Melahirkan secara caesar

Seusai melahirkan dengan jalan caesar kamu mungkin bakal mengalami sesuatu yang sakit di tahap tubuh yang dioperasi. Ada jahitan di sana. Jahitan tersebut tak lumayan kuat dalam waktu seminggu dua minggu bahkan hingga berbagai bulan. Oleh karena itu kamu mesti perhatikan pantangan seusai melahirkan caesar berikut:

Pantangan:
- Jangan meperbuat gerakan yang cepat
- jangann membawa beban berat
- Jangan menggaruk perut
- Jangan makan makanan yang menyebabkan luka operasi lama mengering.

Seusai melahirkan rahim bakal kembali seperti kondisi semula, di mana sebelumnya ia membesar maka ia bakal mengecil. Misalkan seperti balon yang tadinya besar kemudian kempis, bakal ada seperti kerutan. Namun proses pengecilan alias pengerutan rahim ini tak cepat, melainkan membutuhkan waktu sekitar tiga bulan untuk kembali normal.

Soo..bagi ibu-ibu muda yang belum berpengalaman, jangan abaikan pantangan-pantangan tadi yaa..







You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar